Aktivitas sehari-hari yang tetap berjalan saat bulan Ramadhan tidak jarang membuat badan lebih cepat lelah, apalagi ketika malam menjelang. Untuk yang masih mahasiswa atau tinggal di kos-kosan tanpa dapur, terkadang pasti sudah tidak sempat untuk memasak untuk sahur. Namun jangan khawatir, di Jogja kamu bisa menemui aneka kuliner tengah malam yang siap menemani waktu santap sahurmu lho.Ini dia enam belas daftar kuliner malam waktu sahur di Jogja yang enak, terjangkau dan tentunya pas untuk semua kalangan!

1. Sego Koyor Bu Parman

Mulai berjualan sejak tahun 1968, warung Bu Parman selalu ramai oleh para pemburu kuliner tengah malam di Jogja. Tidak heran jika makanan dari warung ini juga menjadi andalan bagi warga Jogja dan sekitarnya untuk sahur. Koyor merupakan istilah untuk urat sapi yang menjadi lauk utama hidangan ini. Dibarengi dengan kuah yang gurih, kamu juga bisa menambah pilihan lauk lain seperti telur pedas bumbu Bali atau babat bacem yang manis.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 22.00 sampai 04.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 10,000 IDR

2. Oseng Bu Endang

Sesuai dengan namanya, warung Bu Endang menghadirkan aneka macam oseng yang lezat, mulai dari oseng bunga pepaya hingga oseng jengkol semua bisa kamu temukan di sini. Selain aneka oseng, warung ini juga menyediakan beragam lauk untuk menemani hidangan utama. Lokasinya juga strategis lho, berada tak jauh dari Ambarukmo Plaza.

Klik di sini untuk melihat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 19.00 sampai 04.30 WIB
Harga makanan: oseng mulai dari 10,000 IDR

3. Sego Macan UGM

Kalau sudah pernah makan sego kucing, maka kamu juga wajib mencicipi saudaranya, yaitu sego macan. Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa porsi yang ditawarkan sego macan akan lebih besar dari sego kucing. Selain sego macan, warung yang berlokasi di seberang fakultas peternakan UGM ini juga menyediakan nasi penyetan dan hidangan lain, seperti sop kacang merah atau ayam bakar dan goreng. Kenikmatan saat menyantap sahur sego macan tentunya belum lengkap tanpa mencicipi kopi klotok yang merupakan khas dari warung ini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 04.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 8,000 IDR

4. Gudeg Mbak Sasha

Lokasi warung gudeg Mbak Sasha dapat dengan mudah kamu temui di depan swalayan Mirota Gejayan. Gudeg Mbak Sasha memberikan sensasi gudeg gurih yang berbeda dengan kebanyakan gudeg lain di Jogja yang cenderung manis. Harganya yang murah membuat warung ini sudah jadi langganan mahasiswa yang malas memasak saat sahur.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 22.00 sampai 03.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 10,000 IDR

5. Angkringan KR

Angkringan memang sudah sejak lama menjadi ikon khas kota Jogja. Dengan sajian nasi kucing dan aneka kudapan yang menggugah selera, angkringan menjadi tempat alternatif yang pas untuk mengisi perut. Waktu bukanya yang dimulai pada malam hari dan berakhir pada dini hari menjadikannya sangat cocok sebagai tempat untuk menikmati santapan sahur. Salah satu yang terkenal adalah angkringan Kedaulatan Rakyat (KR) yang letaknya persis di depan kantor KR. Tidak hanya menyediakan tempat makan yang bersih, angkringan juga memberikan kesan Jogja dengan suasana lesehan yang sederhana lho.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 04.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 2,000 IDR

6. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo merupakan warung gudeg yang terletak di Gang Bromo, Gejayan. Untuk bisa menyantap gudeg ini, kamu perlu datang lebih awal, karena sebelum buka, antrian biasanya sudah memanjang sampai Gang Bromo. Jangan sampai salah memanggil nama pemilik warung ini ya, yaitu Bu Tekluk. Tekluk merupakan salah satu ekspresi dalam Bahasa Jawa yang menggambarkan kondisi terkantuk-kantuk. Jadi, kabarnya ibu pemilik warung ini melayani pembelinya sampai terkantuk-kantuk. Penasaran? Buktikan saja sendiri!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 23.00 sampai 05.00 WIB
Harga makanan: nasi gudeg ayam suwir mulai dari 25,000 IDR

7. Soto Sampah, Pasar Kranggan

Meski namanya terdengar aneh, soto ini sudah terkenal akan kelezatannya lho. Nama soto sampah bermula dari penampilan soto yang awut-awutan, sehingga para pembeli menyebutnya dengan soto sampah. Uniknya, soto di sini menggunakan koyor sapi dan disajikan dengan piring, bukan mangkok. Harga yang ramah di kantong menjadikannya primadona bagi para mahasiswa. Warung ini sangat cocok untuk dijadikan tempat membeli makanan di kala sahur deh!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 03.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 7,000 IDR

8. Gudeg Pawon

Gudeg yang satu ini memang sudah terkenal dimana-mana. Walaupun buka mulai jam 22.00 WIB, orang-orang sudah mengantri sejak pukul 20.00 WIB. Gudeg Pawon biasanya ludes dalam waktu kurang dari satu jam sejak dibuka. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa membungkus gudeg ini untuk dijadikan santapan sahur kok. Konsep slow cook yang digunakan saat proses memasak membuat gudeg ini matang secara sempurna. Jika datang kesana, kamu pun bisa melihat langsung proses pembuatan gudeg dan dilayani langsung oleh anggota keluarga pemilik Gudeg Pawon.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 22.00 sampai habis
Harga makanan: nasi gudeg lauk ayam mulai dari 30,000 IDR

9. Legend Coffee

Jika ingin suasana yang berbeda saat sahur, kamu bisa coba untuk menikmati sahur di kafe favorit anak muda Jogja satu ini. Bertempat di lokasi strategis kota baru, Legen Coffee tidak hanya menawarkan aneka makanan kekinian, tapi juga fasilitas yang asyik. Kamu bisa sahur sambil mengerjakan tugas ditemani wifi yang super cepat.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: 24 jam setiap hari
Harga makanan: mulai dari 13,000 IDR

10. Brick Cafe

Jika pernah menikmati santap sajian warung burjo, maka Brick Cafe menawarkan sensasi makan di warung burjo yang lebih mewah. Dengan desain kafe yang instagramworthy, kamu bisa makan sambil berfoto ria juga lho. Di sini, kamu bisa memesan aneka macam makanan mulai dari selera lokal hingga western. Lokasinya yang dekat dengan kampus membuatnya semakin ramai menjelang waktu sahur.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 06.00 WIB (selama Ramadhan)
Harga makanan: mulai dari 15,000 IDR

11. Mie Ayam Grabyas Red Door

Pengen makan sahur dengan mie ayam? Datang saja ke area Malioboro, dan kamu akan menemukan kuliner mie ayam yang menggugah selera. Jika kebanyakan mie ayam disajikan dengan pangsit, maka di sini kamu akan menemukan kulit ayam goreng yang garing sebagai alternatif pangsit. Coba juga es jenifer yang jadi ciri khas warung ini, tidak hanya enak, makanan dan minuman di sini juga sangat murah lho.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai dari pukul 23.30 sampai 03.30 WIB
Harga makanan: mie ayam komplit mulai dari 18,000 IDR

 

12. Gudeg Yu Yah

Tidak hanya terkenal dengan gudegnya, di sini kamu juga bisa menemukan oseng mercon yang pedas dengan harga yang terjangkau; pilihan lauk untuk menemani gudegnya pun bervariasi. Meski hanya berupa warung tenda, warung gudeg Yu Yah ini selalu diserbu pembeli lokal apalagi ketika bulan puasa. Wisatawan dari luar kota pun banyak yang mampir ke sini karena penasaran akan kelezatannya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 00.00 sampai 03.00 WIB
Harga makanan: nasi gudeg ayam suwir mulai dari 15,000 IDR

13. House of Raminten

House of Raminten sudah sejak lama terkenal dengan aneka menunya yang unik. Buka 24 jam, kamu tentu bisa menghabiskan waktu sahurmu di sini. Selain tempatnya yang nyaman dan menenangkan, kamu juga bisa memilih aneka menu lokal favorit yang dijamin bikin sahurmu lebih berkesan. Jangan khawatir dengan harganya karena makanan di House of Raminten bisa terbilang sangat terjangkau!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: 24 jam setiap hari
Harga makanan: nasi gudeg mulai dari 10,000 IDR

14. Sate Samirono

Kuliner malam yang satu ini bisa jadi alternatif para pencinta sate yang tidak ingin jauh-jauh ke Imogiri untuk mencicipi hidangan sate klathak khas Jogja. Menu sate yang dihidangkan pun beragam, mulai dari sate ayam, sate kambing hingga sate tanpa lemak. Menu sate ini sangat cocok untuk dijadikan santap sahur karena kabarnya kandungan protein dalam daging sapi bisa bikin kamu tahan lapar lebih lama lho!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 03.15 WIB
Harga makanan: sate 4 tusuk mulai dari 18,000 IDR