Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata paling ikonik di Indonesia. Tidak sedikit destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Apakah kamu sudah mengunjungi semua destinasi tersebut? Jika sudah, tidak ada salahnya menjelajahi tempat wisata terbaru yang ada di Jogja untuk mendapatkan pengalaman wisata tersendiri.

Memaksimalkan kekayaan alamnya, Jogja tak pernah kehabisan tempat wisata baru. Mulai dari pantai, gardu pandang, hutan dan wilayah perbukitan adalah deretan tempat wisata Jogja terbaru yang patut untuk kamu kunjungi. Berikut tempat wisata Jogja terbaru untuk liburan yang mengasyikkan.

1. Heha SkyView tempat nongkrong asyik sambil selfie sepuasnya

Heha SkyView merupakan area selfie serta cafe & resto yang menawarkan spot selfie yang indah. Setiap sudut Heha SkyView didekorasi dengan menarik agar pengunjung puas berfoto, mulai dari ruang makan indoor, balkon, kolam, hingga tangga sekalipun. Spot wisata Jogja terbaru ini juga menyuguhkan city view Jogja dan sekitarnya dari ketinggian bukit.

Heha SkyView memiliki restoran sendiri yang bisa kamu kunjungi di ruang indoor, tetapi disini ada pula kios-kios UMKM yang menawarkan menu camilan dan minuman segar yang bisa kamu nikmati di ruang outdoor. Di sini kamu bisa memesan makanan seperti salad, sate taichan, milk tea, french fries, pasta, hingga salad.

Alamat:  Jl. Dlingo-Patuk No.2, RT.001/RW.001 Desa, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Jam buka: Jumat s/d Minggu pukul 10.00-00.00 WIB; Senin-Kamis pukul 11.00-23.00 WIB
Retribusi: untuk berfoto mulai dari 15,000 IDR
Harga menu: Mulai dari 20,000 IDR

2. Menikmati halaman ala desa Jogja di Taman Bunga Puri Mataram

Tempat wisata baru di Jogja ini menawarkan wahana permainan segala umur yang bisa kamu nikmati secara singkat. Kamu pasti akan terkesan dengan keindahan taman khas pekarangan Jawa ini.

Taman Bunga Puri Mataram baru dibuka pada 2018. Disini terdapat berbagai wahana sederhana ala pedesaan seperti taman kelinci, sepeda di tengah danau kecil, terapi ikan, hingga pasar ndelik. Semua ditata dengan kearifan warga desa di Yogyakarta pada umumnya. Tamannya juga ditata untuk memanjakan pengunjung yang gemar swafoto. mulai dari bunga yang berwarna-warni hingga rangkaian aksesoris taman seperti becak dan Tugu Yogyakarta.

Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511
Jam buka: Setiap hari, 08.00-19.00 WIB
Retribusi: Tiap wahana dikenakan biaya 10,000 IDR s/d 30,000 IDR per orang

3. Sejuknya Alamanda Jogja Flower Garden

Alamanda Jogja Flower Garden adalah tempat wisata Jogja terbaru dengan spot selfie yang cantik, mulai dari bunga hingga balon udara yang terdapat di tengah taman.

Berwisata ke Alamanda adalah alternatif wisata yang tepat untuk melepas penat sementara waktu dan juga tempat yang ideal untuk kamu mengajak keluarga rekreasi bersama.

Alamat: Jl. Tempel – Turi, Ngentak, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Retribusi: 15,000 IDR/ orang

4. Belajar asyik di Jogja Agro Techno Park

Jogja Agro Techno Park berdiri di atas lahan seluas 18 hektar dengan berbagai macam wahana edukasi pertanian, peternakan dan kolam ikan. Tempat ini dibuka untuk umum sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menanam tumbuhan dan sebagai bentuk sosialisasi tentang peternakan. Berada di kawasan Kabupaten Kulonprogo yang masih asri, tempat wisata Jogja terbaru ini dirancang dengan suasana khas Jawa.

Lahannya dibuat semenarik mungkin supaya kamu bisa berfoto dengan nyaman. Terdapat ornamen-ornamen pendukung seperti sepeda onthel, becak, dan patung-patung hewan ternak. Selain berfoto, kamu dan keluarga bisa mengunjungi kandang-kandang hewan ternak sekaligus melihat tanaman sayur yang sedang diteliti para agribisnis. Jika saat panen tiba, biasanya pengelola memperbolehkan pengunjung membeli hasil bumi seperti tomat atau wortel dengan harga 5,000 IDR per kilogram dan semuanya masih sangat segar.

Alamat: Sotan, Wijimulyo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671
Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB
Retribusi: gratis

5. Bermain anti-mainstream ke Ayunan Langit Watudjaran

Destinasi wisata selanjutnya adalah Ayunan Langit Watudjaran, yang terletak di atas bukit desa Sabrangkidul, Kabupaten Kulon Progo. Komoditas andalan mereka adalah tempat selfie dengan bentangan alam yang luas ke arah perkebunan dan hutan di sekitarnya. Langit yang biru dan lahan hijau menjadi pemandangan yang menarik untuk kamu yang bosan dengan rutinitas.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam lepas dengan menaiki ayunan atau ornamen unik yang disediakan pengelola, seperti sapu terbang ala Harry Potter dan balkon kayu yang menghadap ke alam lepas. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah saat pagi hari, ketika matahari tidak terlalu terik dan akses jalan tidak terlalu gelap. Jika kamu ingin berwisata ke sana, ada baiknya mengendarai kendaraan roda dua karena keterbatasan akses jalan.

Alamat:  Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Retribusi: 30,000 IDR

6. Sunset indah di Puncak Kosakora

Bukit karst yang menjulang tinggi di tepi pantai kini telah menjadi magnet wisata Jogja terbaru. Tingginya sekitar 50 mdpl dan ada di atas Pantai Ngarumput, Gunungkidul, Yogyakarta. Di atas puncak tebing ini kamu bisa menikmati semilir angin dan awan yang mempesona, Panorama tepi pantai yang ditawarkan juga sangat indah, kamu bisa melihat barisan pantai dengan deretan semak yang terhampar luas.

Destinasi wisata Jogja terbaru ini paling asyik didatangi saat sore hari. Pemandangan langit oranye akan terlihat sangat epik dengan suara deburan ombak yang kian halus. Tak jarang pula pengunjung sering mendirikan tenda di sini, untuk menyaksikan secara langsung pemandangan alam pagi hari dan menikmati pantai saat hari libur.

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Retribusi: 10,000 – 30,000 IDR

7. Memandang alam lepas dari Bukit Wisata Pulepayung

Tamasya dengan suasana yang berbeda ke Bukit Wisata Pulepayung bisa menjadi alternatif kamu untuk mendapatkan ketenangan. Letaknya terpencil di kawasan perbukitan Menoreh yang menghadap ke selatan. Pemandangan suaka margasatwa dan waduk sermo akan memanjakan mata kamu dari atas ketinggian.

Jembatan menuju puncak kerap menjadi tempat selfie. Selain menyuguhkan atmosfer yang sejuk, jembatan kayunya sendiri juga instagenik. Ada juga “jembatan surga” yang dibuat tepat di atas jurang, yang menyajikan panorama yang sangat cantik.

Fasilitas rekreasi yang ada di Bukit Wisata Pulepayung begitu beragam mulai dari spot foto seperti spot angkasa, spot lolipop. spot wolu, spot jembatan surga, hingga outbond sepeda langit, flying fox, sky swing, dan kursi gantung. Semuanya berada di atas ketinggian 40 meter dan terjamin keamanannya.

Alamat: Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
Jam buka: Setiap hari, 08.00-18.00
Retribusi: 15,000 IDR/wahana, jika ingin mencoba semua wahana siapkan 100,000 IDR/ orang.

8. Dibuat terpesona dari tepi sungai di Lemah Rubuh

Wisata Lemah Rubuh menawarkan pemandangan pedesaan asri di tepi sungai. Gubuk-gubuknya dibuat berwarna-warni dan setiap terasnya menghadap ke perbukitan. Tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan stres dan juga instagramable!

Nama tempat wisata ini diadopsi dari dusun tempat wisata ini berdiri. yakni Dusun Lemah Rubuh, Imogiri. Kamu bisa bermain ke kali Oya yang tenang dan bening, atau mencoba rafting untuk menelusuri kali bersama teman-teman.

Alamat: Dusun Lemah Rubuh, Kelurahan Selopamiro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul
Jam buka: Setiap hari, 08.00-18.00
Retribusi: Gratis (kecuali parkir & rafting)

9. Menikmati yang manis dan berfoto sepuasnya di Ice Cream World

Wahana spot foto Ice Cream World menjadi perbincangan warga Yogyakarta dan wisatawan karena menyuguhkan ruangan serba warna-warni dengan ornamen serba ice cream. Terhitung ada 11 spot foto yang kece dan bisa membuat social media kamu makin berwarna. Mulai dari ice cream Singapura, Kit-Kat, Oreo, Pool Time Marshmellow, Ginger dengan boneka kue jahe, Poky, Banana, Gold, Alice In Wonderland, dan banyak lagi lainnya.

Di sini kamu bisa mengajak keponakan atau adik kecil karena tempatnya diperuntukkan untuk segala usia. Setiap pembayaran retribusi sudah termasuk pemesanan satu porsi es krim dan kamu bebas memilih rasa yang ditawarkan. Fasilitasnya juga lengkap seperti ruang make up dengan wastafel, toilet, mushola, tempat parkir yang luas, dan guest assistant yang akan menemani dan membantu pengunjung.

Alamat: Jl. Solo km. 11 no. 31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam buka: Setiap hari, 11.00-20.00
Retribusi: 80,000 IDR untuk orang dewasa; 40,000 IDR untuk anak-anak.

10. Geo Tubing ke Lava Bantal

Sisa-sisa lahar gunung yang mengendap di daratan mengeras dan menimbulkan kontur yang unik. Fenomena alam ini menjadikan tepi sungai menjadi destinasi wisata yang menarik dan jadilah masyarakat menyebutnya sebagai Lava Bantal.

Area yang telah menjadi geo heritage ini memiliki luas dua ribu hektar dan telah dibuka untuk umum sebagai wisata alam. Berlibur ke sini akan menjadi lebih seru dengan keluarga atau kerabat terdekat, karena pengelola membuka kegiatan geo tubing (susur sungai) yang bisa kamu coba. Kamu akan dibekali pelampung dan perangkat pengaman dan merasakan derasnya air di kawasan Lava Bantal. Jika kamu ingin  menggelar acara di sekitar Lava Bantal, terdapat pendopo joglo yang bisa disewa.

Alamat: Jl. Berbah – Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573
Jam buka: Setiap hari, 11.00-20.00
Retribusi: gratis (kecuali parkir, geo tubing & pendopo).

11. Terlena di tengah kabut Puncak Pinus Asri

Wilayah di Bantul yang dipenuhi hutan pinus menawarkan wisata yang menarik untuk dikunjungi turis, salah satunya Puncak Pinus Asri. Bagian pembuka wisata alam ini menyajikan hutan pinus yang sejuk. Jalan berbatu dan tingginya pohon pinus menjadi spot foto yang ciamik dan menghasilkan efek gloomy seperti di film Twilight.

Semakin ke puncak, kamu akan menemukan taman bunga yang cantik dan pemandangan cakrawala yang luas. Suasana spot foto semakin berwarna dengan bunga-bunga yang siap menjadi latar. Puncak Pinus Asri juga menawarkan gardu pandang yang instagenik menghadap ke hutan.

Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam buka: Setiap hari, 06.00-17.00 WIB
Retribusi: 6,000 IDR, 2,000-10,000 IDR untuk biaya parkir

12. Uniknya Gardu Pandang Tembelan Kanigoro

Tempat wisata ini sangat pas untuk kamu kunjungi saat pagi hari, karena panorama langit yang luar biasa indah dengan hutan hijau yang menyelimuti daratan. Jika kamu datang pada bulan Agustus, kemungkinan besar akan ada kabut yang menyelimuti hutan dan panoramanya akan terlihat makin ciamik.

Pengelola menata beberapa gardu pandang dengan bentuk yang unik dan pastinya instagenik banget. Ditambah dengan pemandangan kali Oyo di antara dua tebing, rasa lelah kamu menyusuri jalan setapak yang naik-turun dijamin bakal terbayar.

Alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam buka: Setiap hari, 06.00-17.00 WIB
Retribusi: 5,000 IDR, 2,000-10,000 IDR untuk biaya parkir

13. Bebas berfoto ke Puncak Segoro

Gardu pandang Puncak Segoro adalah spot foto tepi pantai dengan beraneka macam ornamen. Dari sini kamu bisa memandang Samudra Hindia yang biru, terutama saat sore hari menjelang matahari terbenam, ditemani langit berwarna jingga dan angin sepoi-sepoi.

Meski harus menempuh jarak 45 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tempatnya tergolong aman dengan struktur bangunan yang kokoh dan akses tangga. Fasilitasnya juga sudah lengkap dengan toilet, dan food court kuliner khas Jawa yang menggugah selera.

Alamat: Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Jam operasional: Setiap hari, 06.00-17.00
Retribusi: 5,000 IDR, 2,000-5,000 IDR untuk biaya parkir

14. Syahdunya gemericik air di Grojogan Watu Purbo

Sebenarnya air terjun ini sudah ada sejak tahun 70-an akan tetapi baru dibuka untuk umum 2 tahun silam. Grojogan Watu Purbo terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah dengan 6 tingkat air terjun yang menjulang tinggi. Pemandangan paling bagus terlihat saat pagi hari, ketika matahari terbit dan kicauan burung bersahut-sahutan menyapa pengunjung.

Batu-batuan yang menghiasi sungai juga tak kalah eksotis, sangat ideal untuk menjadi tempat berpijak saat bermain air. Tempat ini dibuka untuk segala usia dan akses jalannya juga tidak terlalu sulit. Sangat cocok untuk kamu menikmati pagi hari yang segar.

Alamat: Bangunrejo, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
Jam buka: Setiap hari, 09.00-17.00
Retribusi: –

15. Memandang langit dengan wanginya kebun teh di Bukit Isis Kulon Progo

Bukit ini adalah tempat yang ideal untuk kamu menikmati pagi dan senja. Luasnya cakrawala dengan bentang alam yang khas tentu akan memanjakan waktu liburan kamu. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar alam yang asri dan sejuknya dataran tinggi Kulonprogo.

Tak hanya gardu pandang, kamu juga bebas berfoto di kebun teh bukit ISIS yang letaknya saling berdekatan. Meski berlokasi di sekitar perkampungan, tempat wisata Jogja terbaru ini sudah dilengkapi dengan toilet, ruang P3K dan akses jalan yang nyaman.

Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 54183
Jam operasional: Setiap hari, 06.00-17.30
Retribusi:

16. Nyore ke Bukit Mojo Gumelem

Gardu pandang Bukit Mojo Gumelem sangat cocok untuk tempat berfoto, terutama karena bentuknya yang unik. Sebut saja berbentuk sangkar unggas, ayunan, dan teras ngopi. Semuanya menghadap ke jurang dan merupakan tempat yang ideal untuk nyore.

Alamat: Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Retribusi: