Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai masakan nasi goreng. Selain lezat, nasi goreng disukai karena mudah dibuat dan cepat.

Namun, meski mudah terkadang kita menemui nasi yang di masak justru menggumpal. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi serta mengurangi cita rasanya. Soalnya tidak semua bulir nasi terlumuri bumbu. Belum lagi tampilan yang kurang menarik. Alternatif lainnya, kita malah beli dari para pedagang di pinggir jalan

Agar tidak salah lagi, yuk, lihat tips di bawah ini!

1. Gunakan beras pera

Beras pera adalah beras yang paling pas untuk dijadikan nasi goreng. Soalnya beras pera tidak akan menggumpal saat dijadikan nasi goreng. Berbeda dengan beras pulen yang lebih lembek sehingga lebih rentan menggumpal, terlebih saat dijadikan nasi goreng.

2. Gunakan nasi yang dingin

Selain jenis beras, penting juga untuk menggunakan nasi yang dingin untuk dijadikan nasi goreng. Kalau nasi diambil dari rice cooker, lebih baik tunggu sampai uap panas nasi hilang. Nasi yang dingin tidak akan menggumpal dan lebih menyerap bumbu dibanding nasi yang masih panas.

Paling baik lagi jika menggunakan nasi kemarin. Hanya saja, nasi goreng yang menggunakan nasi kemarin harus langsung dimakan selagi hangat.

Kalau sudah dingin, apalagi dijadikan bekal, nasi goreng sudah pasti terasa super kering di tenggorokan.

3. Masukkan telur terlebih dahulu

Bahan campuran nasi goreng yang selalu digunakan adalah telur. Nah, lebih baik masukkan telur terlebih dahulu pada wajan sebelum memasukkan nasi. Hal ini akan mencegah nasi menggumpal dan lengket hingga gosong pada dasar wajan.

4. Campur dulu nasi dengan bumbu dan kecap

Sebelum dimasukkan ke dalam wajan, coba campur rata nasi dengan kecap dan bumbu terlebih dahulu dalam mangkuk. Dengan begini, kemungkinan nasi goreng menggumpal bisa dihindari. Soalnya, tiap bulir nasi sudah terlapisi kecap sehingga tidak lagi terlalu lengket. Baru setelah itu masukkan ke dalam wajan untuk digoreng sebentar agar bumbu lebih menyerap pada nasi.

5. Aduk nasi dengan cepat

Saat nasi masuk ke dalam wajan, langsung aduk nasi dengan cepat ya!

Karena pada dasarnya nasi sudah matang dan proses penggorengan hanya untuk membuat bumbu menyerap dan tercampur pada nasi.

Selain itu juga menghindari nasi terlalu lama pada wajan dan menempel hingga gosong di dasar wajan. Sekarang kita siap membuat nasi goreng untuk sajian keluarga.

Jangan lupa cek halaman resep Sajian Sedap untuk melihat berbagai resep nasi goreng agar tidak membosankan dan pastinya sudah teruji kelezatannya.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.